Backstreet, Alkitabiah atau Nggak Ya?

Pertanyaan pertama sebelum kita mutusin backstreet, apakah itu alkitabiah ato nggak? Kalo kita baca Alkitab, dari depan sampe belakang, dari belakang sampe depan, kita bakal temuin banyak ayat yang nyuruh kita taat sama ortu, hormati ortu, nggak membantah ortu.

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan". ( Kolose 3:20 )

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian". ( Efesus 20:12 )

"Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu". ( Keluaran 20:12 )

Artinya kalo kita backstreet, karena ortu kita nggak setuju, kita udah melanggar firman Tuhan, karena kita nggak taat sama ortu kita. En itu artinya sama dengan D-O-S-A.

Kenapa kita mesti minta izin ortu kita kalo mau mulai pacaran? Soalnya suka nggak suka merekalah yang dikasih tanggung jawab sama Tuhan buat menjaga kita sampe kita dewasa. Restu ortu wajib ada sebelum kita mulai pacaran, soalnya restu mereka juga yang bakal tentuin keberhasilan hubungan kita sama pacar kita. Seandainya kita sama pacar kita udah suka sama suka, tapi ortu kita ( atau ortu pacar ) nggak setuju, gimana dong? Lakuin saja hal-hal berikut :

1.Kendaliin Emosi
Begitu kita tau ortu nggak setuju sama hubungan kita, jangan langsung naik darah, naik tangga, naik atap. Tenang dulu. Kendaliin emosi. Tenangin juga pacar kita. Emosi yang tenang maka kita bisa mikir dengan tenang. Jangan sampe gara-gara emosi nggak terkendali kita lakuin tindakan yang malah akan kita sesali nantinya. Jangan sampe, gara-gara ortu nggak setuju, malah minggat. Ada juga yang memberontak en nekat melakukan seks bebas biar sekalian hamil. Tapi pada akhirnya mereka menyesalinya. Hmmm...penyesalan selalu datang terlambat, so mending kendaliin emosi dulu deh supaya bisa mikir jernih.

2.Berpikir
Kalo udah bisa sabar, kita mulai berpikir. Kenapa ya ortu kita nggak setuju. Apa ada yang salah ? Atau jangan-jangan mereka trauma masa lalu, jadi nggak pengen kita alamin kayak gitu? Berpikir, cari tau ada apa. Bicarakan dengan pacar kita, apa yang harus dilakukan.

3.Berdoa
Kalo udah tau ( atau kira-kira tau ) doain juga. Doa itu dahsyat loh. Doa bisa mengubah segalanya. Cari kehendak Tuhan. Apa sih yang Tuhan mau. Apa emang Tuhan pengen kita pisah sama pacar kita atau Dia mau kita terus jalan. Jadiin masalah ini sebagai kesempatan buat kalian berdua makin kenal Tuhan.

4.Bicara
Kalo udah tenang, suasana udah enak, kita juga udah bisa menguasai diri, baru ngomong sama ortu. Ngomongnya juga baik-baik ya. Kasi tau apa yang jadi pertimbangan kita. Kenapa kita milih si dia. Dengerin juga alasan ortu kita, kenapa mereka nggak setuju. Kalo masing-masing udah curhat, baru sama-sama pikirin mesti ngapain nih. Apa emang mesti putus, atau masih bisa lanjut. Tapi apapun keputusannya, kita mesti lakuin. Biarpun itu sakit buat kita.

Sumber : Majalah GFresh EDISI #100

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply